Personal Notes

Marhaban Yaa Ramadhan, 1438H

Assalammualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh

Hi!

Tanpa terasa waktu bergulir begitu cepat dan sebentar lagi umat Muslim di seluruh dunia akan kedatangan tamu spesial yaitu bulan yang penuh rahmat dan ampunan bulan Ramadhan 1438 Hijriyah. Kali ini, Saya tidak menulis panjang lebar mengenai Ramadhan.

Sebelumnya Saya pernah menulis artikel tentang Ramadhan pada tanggal 8 Juni 2016 lalu dan sekarang 4 hari lagi akan masuk hari pertama bulan Ramadhan. Hari pertama bulan Ramadhan jatuh pada tanggal 27 Mei 2017 yaitu hari Sabtu sehingga Jumat malam tanggal 26 Mei 2017 umat Muslim dapat mulai melaksanakan shalat Tarawih. Bagaimana persiapan dalam menyambutnya? Bukan bermaksud Riya’ atau menggurui, Saya coba merincikannya menjadi 3 yaitu persiapan Fisik, Rohani dan Finansial dengan rincian sebagai berikut.

Persiapan Ramadhan
Warming-up Ramadhan

Ramadhan adalah bulan yang spesial, sehingga harus diisi dengan kegiatan yang spesial juga bahkan termasuk persiapannya. Syukur-syukur jika tahun ini dilakukan bersama sosok yang spesial juga (khusus yang baru berumah tangga).

Semoga kita semua diberikan kemudahan dalam menjalankan Shiyam Ramadhan 1438 Hiriyah untuk kemudian menempa kita menjadi Hamba Allah yang istiqomah dan berdoa agar kemudian dijadikan Ramadhan kali ini adalah Ramadhan terbaik… Aamiin 🙂

FYI

Kenapa menggunakan istilah Shiyam bukan Shaum atau Puasa? Saya baru tau karena arti Shaum dalam bahasa Arab hanya merujuk “menahan diri pada hal tertentu tapi tidak pada yang lain“. Contoh Saya Shaum makan nasi, tapi masih bisa minum, makan selain nasi. Sedangkan istilah Puasa bisa digunakan oleh siapapun (Agama manapun maksudnya) dan untuk tujuan apapun. Misal Puasa 12 jam sebelum medical check up. 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s