Personal Notes

Kisah Berdirinya “Chandra Alam”

Hi!

*Notes: Apa pula ini Chandra Alam? Penyanyi Dangdut kah?

Akhir tahun 2015 merupakan momen yang sangat mengejutkan buat Saya dan kedua orang tua. Sebetulnya tidak pernah terpikir sedikitpun juga untuk melakukan apa yang disebut “menjadi pedagang”. Bukan apa-apa, selama ini hanya berkutat pada model konseptual mengenai bisnis untuk kedua orang tua Saya yang telah pensiun bekerja. Tidak disangka ternyata kami memutuskan membuka ruko di Jalan Cinunuk Raya Bandung Timur (dekat rumah makan Ponyo) yang berjualan bebatuan alam untuk keperluan desain rumah, kantor, gedung hingga jalanan. Nama yang dipilih sederhana saja, nama Saya ditambah embel-embel alam.

Chandra Alam menyediakan produk berupa batu-batu alam seperti andesit, basalto, batu templek, coating batu dan marmer

Chandra Alam menyediakan produk berupa batu-batu alam seperti andesit, basalto, batu templek, coating batu dan di bulan Mei tahun 2016 ini mulai masuk ke penjualan batu marmer. Untuk layanannya, Chandra Alam menyediakan solusi pemasangan batu-batu tersebut oleh tenaga-tenaga ahli kami. Sebagai pendukung, tentu saja tersedia layanan angkut bebatuan yang dibeli pelanggan hingga ke rumahnya (tentunya dengan sedikit tambahan biaya dan minimum order).

Sejak berjalan di bulan November 2015 hingga Mei 2016 ini tidak terasa telah banyak dijumpai suka dan duka mengelola usaha dagang sendiri. Kami menyadari dengan mengola ini maka kami pun  memiliki tanggung jawab untuk memastikan pekerja ahli kami mendapat penghidupan yang layak untuk keluarganya, istilahnya “employee first“. Disamping tentunya pelanggan yang puas dan menggunakan kembali layanan Chandra Alam kedepannya. Tidak seperti pedagang lain, Chandra Alam menyediakan tempat yang memadai “hanya” untuk membeli batu alam. Di ruko, teduh, bersih dan yang terpenting tidak di tempat lapang terbuka. Ya walaupun harus dengan kompensasi terhadap biaya space yang harus disewa. Setidaknya hal ini menjadi value proposition Chandra Alam dibanding yang lain.

Menjadi pedagang batu alam ternyata susah-susah mudah. Walaupun secara teknis kami bersaing, ternyata banyak juga momen dimana kami saling bantu antar “pangkalan” (istilah tempat jualan batu alam), misal ketika kehabisan stok dan pelanggan meminta hari itu juga dikirim. Di manajemen strategis disebut juga Co-opetition, bersaing tapi ga begitu-begitu amat lah pokonya ;D

Kedepannya harapan terhadap Chandra Alam adalah, dapat menjadi lebih besar lagi dan mempekerjakan lebih banyak tenaga ahli profesional dalam hal pemasangan batu baik untuk rumah, kantor dan jalanan. Ternyata ada kesenangan tersendiri ketika dapat membantu orang yang bisa disebut berpenghasilan serabutan menjadi ada “sedikit” kepastian gajian. Bukan apa-apa, skill mereka tergolong memadai soalnya untuk pemasangan batu. Untuk itu, masuk ke bisnis B2B adalah salah satunya meskipun membutuhkan modal yang sedikit lebih banyak dan dengan kondisi pembayaran tertunda karena menunggu pencairan. High Risk – High Gain.

Lokasi kami (link)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s