Campus · Personal Notes

Pembimbing Thesis Magister Manajemen UGM

keep-calm-i-m-working-on-my-thesis-1

Hi!

Tidak terasa rasanya menjalani kuliah di Fakultas Ekonomika dan Bisnis Magister Manajemen Universitas Gadjah Mada (FEB MMUGM) ini. Sekarang di tahun 2016 adalah tahun terakhir Saya dan kelulusan Saya (harus) di tahun ini. Masih kuat diingatan tanggal 30 Januari 2014 adalah tes wawancara Saya sebelum diterima sebagai Mahasiswa FEB MMUGM. Dua tahun lebih menjalani karena di program ini wajib mengambil satu semester matrikulasi diluar empat semester program sesungguhnya. Yang menarik kemudian ditengah perkuliahan awal tahun 2015 mendapat kabar gembira bahwa FEB MMUGM resmi mendapat akreditasi AACSB sebagai sekolah bisnis pertama di Indonesia (link).

Singkat cerita di bulan Februari tepatnya tanggal 22 Saya mendapatkan kabar mengenai dosen pembimbing  untuk topik Saya yaitu entrepreneurship. Kejutan muncul, ternyata dosen pembimbing Saya adalah Bapak Rangga Almahendra, DR., M.M. Kalau belum ada yang mengenal beliau silahkan Googling dan temukan kenyataan kalau beliau adalah penulis/sutradara dari buku dan film 99 Cahaya di Langit Eropa (link). Walaupun belum pernah diampu oleh beliau selama perkuliahan, dibimbing oleh sosok seperti ini tentunya adalah kesempatan yang menarik. Selain kesibukannya sebagai Dosen, penulis, dan juga kesibukannya mempromosikan filmnya tersebut, beliau juga berprofesi sebagai pengusaha pengelola televisi lokal bernuansa Islam di Jogjakarta yaitu Adi TV. Belum selesai Saya takjub dengan itu semua, ternyata dua hari kemudian mendapati kabar bahwa beliau meminta ke akademik kampus agar tidak membimbing thesis mahasiswa FEB MMUGM yang berasal dari kampus Jakarta karena kesibukannya. Musnah sudah kesempatan mendaftar menjadi pemeran figuran (Baca: stuntman bagian adegan digebukin) di film-film karya beliau.

Lama mendapatkan respon dari akademik kampus, kurang lebih tiga minggu kemudian setelah konfirmasi Bapak Rangga Almahendra, Saya baru mendapat kabar yang tidak kalah bagusnya. Dosen pembimbing penggantinya adalah Bapak Basu Swastha Dharmmesta, Prof., DR., M.B.A. Ibarat pemain muda berbakat yang ditengah pertandingan digantikan oleh pemain senior dengan pengalaman dan prestasi segudang, kedua kalinya Saya amazed sekali dapat dibimbing oleh orang-orang yang hebat. Beliau merupakan ketua pengelola FEB MMUGM periode 2014 dan juga pengusaha besar industri batik. Fyi, batik karya beliau di endorse oleh Ikang Fawzi dan Marissa Haque artis dan politisi yang sangat familiar dipublik.

Ide thesis Saya adalah mengenai inovasi model bisnis yang mengacu kepada 9 building blocks karya Alexander Osterwalder. Walaupun dibutuhkan banyak iterasi untuk memoles ide ini menjadi thesis, Saya percaya dibawah bimbingan orang-orang yang tepat akan semakin mempermudah berjalannya proses ini.

Akhir kata, semoga target wisuda di bulan Oktober 2016 ini dapat tercapai. Amin 🙂

Tinggalkan Balasan

