Daily Activity · Opinion · Technology

PoR – IoT Newsletter May W17 2016

Presentation1

Hi!

Pada email yang di blast ke internal tim Internet of Things (IoT) di kantor tanggal 5 Mei 2016 ini, Saya sebagai Point of Reference (PoR) IoT membahas mengenai aksi empat perusahan teknologi besar kelas dunia yaitu Microsoft, Cisco, Vodafone dan Huawei pada periode 2014 hingga 2016.

Ternyata keempatnya memiliki kesamaan dalam upayanya memasuki industri IoT yaitu sama-sama menggunakan cara akuisisi specialist IoT startup dibandingkan dengan membangun solusi IoT mereka sendiri dari nol.

Berdasarkan catatan yang Saya himpun, informasinya sebagai berikut:

  1. Microsoft mengakuisisi penyedia enterprise platform IoT (B2B) Solair di tahun 2016 (link).
  2. Cisco mengakuisisi Jasper Technologies penyedia software-as-a-service (SaaS) platform yang digunakan untuk menghasilkan  berbagai layanan koneksi perangkat keras IoT (link).
  3. Vodafone mengakuisisi Cobra Automotive Technology dari Italy untuk mempercepat strategi mereka dalam menyediakan layanan connected-car (link).
  4. Huawei mengakuisisi Neul, startup dari UK penyedia layanan Smart City dan juga aplikasi untuk keperluan industri di tahun 2014 (link).

Kenapa empat perusahaan itu yang diambil? Karena Saya ingin mengambil contoh dari sub-kategori industri yang berbeda yaitu perusahaan perangkat keras, perangkat lunak dan juga dari operator telekomunikasi. Walaupun industri IoT digadang-gadang akan booming dimasa yang akan datang, ternyata perusahaan teknologi tidak ingin membuang waktunya hanya demi idealisme membuat segalanya in-house. Akusisi dilihat sebagai jalan keluar tercepat untuk sepenuhnya masuk kedalam industri IoT.

*Notes: diambil dari email pribadi yang di blast ke internal kantor dengan sedikit penyesuaian.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s